5 Tips Membuat Desain Brosur Makanan Restoran

27 Dec

Desain Brosur Makanan untuk Menarik Calon Pembeli

Bagi pebisnis kuliner, brosur adalah salah satu tools yang cukup penting. Brosur digunakan untuk menarik calon konsumen agar mau mencoba produk yang mereka jajakan. Untuk bisa menarik calon pembeli, desain brosur makanan ini harus dibuat sebaik mungkin. Desain brosur makanan ini harus didesain tidak saja untuk menarik mereka yang memang sedang mencari produk tersebut, tetapi juga untuk mereka bahkan yang sebelumnya “tidak ada niat” untuk membeli produk makanan tersebut.

ilustrasi-desain-brosur-makanan

Beberapa tips yang bisa kita lakukan untuk agar desain brosur makanan kita bisa menarik minat calon konsumen. Berikut ini 5 tips yang mungkin bisa digunakan untuk membuat desain brosur makanan anda lebih cantik dan modern :

Tips 1 : Pergunakan Warna Merah pada Desain Brosur Makanan

PrintWarna merah adalah warna yang secara psikologis bisa membangkitkan selera makan. Penggunaan warna merah seakan “wajib” bagi brosur makanan. Bahkan pada sebagian makanan seperti makanan yang diolah dengan cara dipanggang, atau bersentuhan langsung dengan api, ada baiknya warna merah ini digunakan sebagai warna dominan pada desain brosur makanannya.

Untuk semakin memperkuat kesan dan mengundah selera, warna merah ini sebaiknya digunakan sebagai warna “blok”, jangan ditambah unsur gambar lain dengan opacity rendah, sebab “merah”nya jadi kurang memberikan efek. Bagi sebagian orang (yang suka dengan gambar di belakang teks), hal ini memang “kurang ramai”. Namun memang sebaiknya kita harus cermat dalam memilih elemen grafis dan peruntukannya bagi desain brosur makanan ini. Selain warna merah, anda juga bisa menggunakan kombinasi warna kuning, orange, deep yellow, coklat atau bahkan hijau. Jangan gunakan warna biru sebagai warna dominan karena bisa “membunuh selera”.
Tips 2 : Gunakan Foto dengan Kualitas Terbaik

Salah satu yang membuat orang tertarik untuk mencoba adalah visualisasi produk makanan yang kita tawarkan di desain brosur makanan kita. Ini bisa berupa foto atau vektor, namun lebih direkomendasikan berbentuk foto. Ada baiknya anda menggunakan jasa fotografer profesional agar visualisasi produk anda bisa lebih maksimal. Sebab bagaimana pun, untuk masalah fotografi ini, membutuhkan talenta dan pengetahuan khusus. Fotografer yang hebat bahkan bisa membuat makanan terlihat “lebih enak dari aslinya”.

Dalam tampilannya, anda juga harus menampilakn keseluruhan gambar. Dalam desain, anda bisa meng-cropping pada bagian tertentu yang menimbulkan sensasi lebih besar. Menampilkan keseluruhan gambar kadang bisa menimbulkan kesan kaku. Apalagi jika foto yang digunakan tidak profesional. Ini juga bisa jadi tips bagi anda yang resources foto-nya kurang bagus. Crop-lah pada bagian yang “bisa berbicara”.
Tips 3 : Gunakan Jenis Font San Serif pada Desain Brosur Makanan Kita

Font tipe sans serif (tidak berkaki), lebih direkomendasikan karena lebih sesuai dengan karakter makanan. Akan lebih baik lagi jika anda menggunakan tipe font yang bisa menimbulkan perasaan santai dan rileks. Hal ini agar desain brosur makanan kita bisa membangun persepsi kenikmatan, memberikan value lebih dari sekedar mengkonsumsi sebuah produk makanan.

 Tips 4 : Tonjolkan pada Produk Unggulan

Jika desain brosur makanan anda harus menampilkan lebih dari satu produk, maka akan sangat baik jika anda memfokuskan pada 1 atau 2 produk. Penonjolan bisa dalam bentuk, membuat foto produk unggulan itu lebih besar secara ukuran daripada yang lain. Jangan sampai kita ingin menjual semuanya, tetapi justru tak ada satu pun yang dibeli konsumen. Ingat, konsumen memiliki keterbatasan dalam perhatian, dan anda harus bisa membuat mereka tertarik, untuk melihat, membaca, mempelajari dan akhirnya tentu saja mencoba…

Tips 5 : Pergunakan Nuansa Asimetris

PrintJangan membuat desain brosur makanan secara kaku, misalnya, semua gambar sama besar, penempatan antar gambar sama persis, dsb. Anda harus berani bereksperiman dalam desain brosur makanan ini agar hasilnya tidak saja elegan, tetapi juga modern. Ingat, konsumen harus punya cukup alasan untuk membuat mereka mengeluarkan koceknya membeli produk anda. Jika desain brosur makanan anda saja sudah membuatnya bosan, bagaimana dia bisa membeli.

Sebagian orang mungkin ada yang pernah “protes”, dimana ketika mereka mencoba makanan, ternyata “tidak se-enak” yang diperlihatkan di brosur. Ini mungkin kesalahan, namun bukan kesalahan dari desain brosur makanan itu sendiri. Sebab memang tugas sebuah desain brosur makanan untuk menarik minat calon pembaca. Tugas para pemilik bisnis adalah memastikan bahwa memang produknya sesuai dengan apa yang diiklankan di brosur tersebut.

./adm

Cara Mudah Menentukan HPP pada Restoran

12 Dec

Menghitung HPP pada Bisnis Rumah Makan

Secara Umum, metode perhitungan HPP (Harga Pokok Penjualan) di bagi menjadi 2, Yaitu :

1. Metode Physical, Disebut juga metode Periodik adalah metode menghitung HPP dengan cara menghitung stock/persedian yang ada secara berkala (dalam periode tertentu) Kemudian mengurangkannya terhadap data stock terakhir sehingga di peroleh selisi jumlah stock/persediaan untuk di hitung dan di jurnal sebagai HPP, Sehingga laporan LABA RUGI yang valid hanya bisa di peroleh pada saat akhir periode yang telah di tentukan.

2. Metode Perpetual, Adalah metode menghitung HPP, Pada saat yang sama di lakukan penjualan atau terjadi perpindahan barang (Mutasi). Dengan metode perpetual ini, maka laporan laba rugi akan selalu valid di setiap saat. Namun metode ini sangat menyulitkan jika Restoran menggunakan Pembukuan Manual.

Lantas, untuk bidang usaha Rumah Makan,Cafe,Depot.. Metode Mana Yang COCOK..???

Dalam menentukan metode perhitungan HPP, kita harus mengacu pada stock/persediaan yang kita jual. Dalam Usaha Rumah Makan,Cafe, Depot,Dll pada umumnya dalam satu menu terdiri dari banyak bahan baku dan takaran berbeda yang mana di gabungkan menjadi satu,hingga menjadi sebuah menu-menu. Meskipun HPP tiap menu sebenarnya bisa di hitung dengan menggunakan proses Assembling (perakitan) BOM (Bill Of Material). Namun hal ini akan menyulitkan dalam operasionalnya.

Jadi.. Apabila kita hanya memerlukan laporan harian, bukan per-JAM misalnya, maka kebutuhan untuk menggunakan metode perpetual efektif bisa kita kesampingkan. Metode Physical harian agaknya menjadi pilihan yang Bijak bagi Anda untuk melakukan Usaha Rumah Makan, Cafe, Depot, Dll

Detail-Produksi-BOM Bill-of-material-Software-restoran

Cara Mengelola Resto Dengan Software Restoran

21 Nov

Anda Menjalankan usaha Restoran, Rumah Makan, Depot, Cafe?
Apakah Anda sudah menggunakan aplikasi Point Of Sales (POS) khusus restoran untuk mengatur dan memantau operasional rumah makan Anda?

Bayangkan jika restoran Anda dikunjung lebih dari 1000 pelanggan setiap harinya. Dengan bantuan Software restoran anda tidak perlu repot, buang waktu, tenaga dan pikiran anda untuk mengkalkulasikan pendapatan rumah makan anda hari ini, mengingat makanan dan minuman di pesan oleh pelanggan, mencari meja kosong dan sebagainya.

Software restoran juga bisa menutup celah kesalahan perhitungan yang dilakukan oleh kasir pada saat pelanggan membayar makanan baik secara tunai maupun menggunakan kartu kredit, debit, voucher, dan lain sebagainya. Dengan demikian, tidak ada lagi kesenjangan antara makanan dan minuman yang terjual dengan uang yang masuk ke dalam kas kasir dan kas utama.

Untuk membantu mengatur dan memantau operasional restoran, Anda bisa menggunakan BeePResto, Software restoran yang dapat mencatat segala transaksi di dalam restoran, satu-Satunya Aplikasi Restoran Dengan Akuntansi, BeePResto aplikasi restoran yang mampu mempermudah pencatatan dalam transaksi.

Mulai dari
POS (Point Of Sales)
– Check In
– Menu Order
– Dine In
Take Away
– Delivery Order
– Reservasi + Order Menu
– Pindah Meja / Gabung Meja
– Split Bill – Multi Payment
– Promo and Membership
– Automatically Send Print Kitchen
– Support menggunakan DUAL LCD untuk Customer Display
– Support Sistem Deposit

Report / Laporan
– Laporan Daftar Menu
– Laporan Penjualan
– Laporan Penjualan Per Menu
– laporan Penjualan Per Jam
– Laporan Penjualan Per Shif Kasir
– Laporan Batal Menu
– Laporan Batal Meja
– Laporan Void Menu
– Laporan Bill Of Material
– Laporan Reservasi
– Laporan Jurnal Umum
– Laporan Neraca
– Laporan Laba Rugi dan Buku Besar

BackOffice
– Inventory
– Pembelian
– Hutang , Piutang
– Kas / Bank
– Produksi BOM (Bill Of Material)
– Laba Rugi
– Fix Asset
– Naraca
– Jurnal Umum
– Hingga Buku Besar

Support With ANDROID System

Semua itu bisa anda unduh disini, dengan cuma-cuma

Fungsi dan Manfaat Software Restoran

Berikut fungsi serta manfaat dalam mengimplementasikan Software Restoran BeePResto di Restoran, Rumah Makan, Depot, Cafe Anda :

Easy to implement

Software restoran
Dengan arsitektur yang fleksibel, modul­modul yang lengkap, didukung dengan tenaga ahli berpengalaman, Bee PResto dapat dengan mudah diimplementasikan di berbagai jenis restoran. Sistem sudah siap dijalankan dalam hitungan hari.

Simple User Interface

Software restoran
BeePResto dirancang sedemikian rupa sehingga memudahkan pengguna untuk   menjalankan aplikasi dengan waktu pembelajaran yang sangat singkat. Secara intuitif, pengguna awal dapat menjalankan aplikasi dengan beberapa klik mouse. Untuk pengguna yang sudah berpengalaman, semua transaksi dapat dilakukan hanya dengan menggunakan keyboard.

Touch Screen Interface

program-kasir-restoran
BeePResto sudah mendukung penggunaan layar touchscreen, atau bagi Anda yang ingin sepenuhnya menggunakan mouse. Semua operasi pesan menu, cetak tagihan, bayar tagihan, dan lain­lain bisa dilakukan dengan sentuhan ke layar.

Flexible Table Management

Software-restoran-murah
Jumlah meja dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing­masing restoran, sangat mendukung untuk fine dining, fast food dan delivery. Kondisi setiap meja selalu dapat dilihat secara real time melalui layar POS. Manajer restoran bisa mengamati meja yang kosong, meja yang sedang terisi, sampai dengan status masakan setiap meja.

Multiple Order Entry Point

Tidak peduli berapa banyak station yang terpasang, pemesanan makanan di masing­masing meja dapat dilakukan secara bersamaan di semua station secara real time. Dengan demikian, Anda dapat menempatkan beberapa station di tempat­tempat strategis untuk mempercepat proses pencatatan pesanan pelanggan.

Tablet Support

Mobile_pos_tablet
Untuk mempermudah operasional restoran, BeePResto mendukung penggunaan Tablet untuk melakukan transaksi pemesanan makanan.

Delivery Service
Untuk restoran yang menyediakan layanan pesan antar, BeePResto sudah dilengkapi dengan fitur Delivery. Anda dapat dengan mudah mencatat nomor telepon dan alamat pelanggan. Untuk pelanggan­pelanggan yang sudah tercatat, bisa dicari berdasarkan nama atau nomor telepon, lengkap dengan pesanan favorit mereka. Semua ini memudahkan Anda dalam transaksi pesan antar.

Video BeePResto

./adm

Apa Sih Software Restoran Itu???

2 Nov

Di Masa Era ini, bisnis restoran, cafe, depot, bakery semakin menjamur disemua tempat. Setiap restoran berusaha menyajikan sesuatu yang baru dan unik kepada pelanggannya. Banyak restoran yang berhasil menarik pelanggan, tetapi banyak pula yang gagal. Faktor penyebabnya selain pangan, yang lebih penting adalah pelayanan (servis) yang diberikan. Sistem restoran manajemen terintegrasi, atau singkatnya disebut Software Restoran, Aplikasi Restoran  akan sangat membantu pihak restoran untuk memberikan layanan yang lebih cepat dan lebih baik kepada pelanggan, pada saat yang sama memberikan kendali yang handal untuk manajemen restoran tepat guna.

Software restoran dapat digunakan untuk menangani keseluruhan operasi restoran, mulai dari saat tamu datang, pesan makanan, penyajian makanan, hingga sampai tamu melakukan pembayaran dan meninggalkan restoran. Software restoran ini tidak terbatas untuk layanan table service, tetapi juga untuk model fastfood, take away, bakery, foodcourt, dan delivery dan reservasi.

Dengan cakupan yang luas dan tingkat kerumitan yang cukup tinggi, salah satu tantangan yang dihadapi oleh pengembang software restoran adalah menyediakan tampilan antar muka (interface) yang mudah dimengerti dan mudah dioperasikan oleh semua staf restoran.

Cara kerja software

Untuk memahami penggunaan software restoran, berikut kita akan memberikan panduan langkah-langkah operasi sistem untuk restoran jenis table servis:

Sewaktu tamu datang, penerima tamu dapat dengan mudah menyediakan meja yang sesuai dengan jumlah tamu, hanya dengan melihat layar monitor. Di dalam layar monitor sudah tercantum denah restoran, bentuk meja, beserta status meja.

Software restoran

POS System – BeePResto

Untuk mencatat pesanan tamu, sistem menyediakan beberapa alternatif input:

  1. Pelayan dapat menggunakan Tablet Android untuk langsung mencatat pesanan tamu. Tablet Android adalah SmartPhone kecil yang berukuran 7 inch yang mana dapat dibawa-bawa oleh pelayan (waiters) secara langsung ke meja tamu.
  2. Pelayan mencatat pesanan-pesanan tamu di kertas, kemudian memasukkan pesanan-pesanan tersebut di terminal software terdekat. Terminal-terminal ini dapat ditempatkan di berbagai titik strategis di restoran. Terminal software restoran umumnya menggunakan layar sentuh (touchscreen), di mana pelayan cukup menyentuh gambar menu yang tampil di layar. Tetapi bisa juga dijalankan hanya dengan keyboard dan mouse dan secara otomatis memberikan informasi ke bagian kitchen dan beverages.

gbr_3

Order Menu – BeePResto

Pesanan dari tamu dapat langsung diteruskan ke dapur-dapur yang bersangkutan. Sistem dapat mengatur agar menu makanan dikirim ke dapur makanan, dan menu minuman dikirim ke bar minuman. Untuk restoran yang mempunyai dapur di setiap lantai, sistem juga dapat mengatur agar pesanan tamu di lantai 1 hanya diteruskan ke dapur lantai 1, dan pesanan tamu di lantai 2 hanya diteruskan ke dapur lantai 2. Jumlah dapur dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing restoran. Di dapur tersedia printer dapur, yang langsung mencetak informasi pesanan tamu, dan layar monitor, untuk menampilkan daftar pesanan yang belum dan sudah disajikan. Layar monitor ini bersifat opsional, artinya bisa digunakan jika ada ruang yang tersedia di dapur. Melalui layar, sistem dapat memberikan peringatan jika pesanan tamu belum disajikan melewati waktu yang semestinya. Dengan demikian, semua pesanan dapat disajikan dengan baik dan cepat.

Kitchen_BeePResto

Kitchen Monitor – BeePResto

Sewaktu tamu selesai makan dan hendak membayar, kasir dapat mencetak tagihan hanya dengan menekan satu tombol di software. Sistem akan secara otomatis menghitung harga menu-menu yang dipesan, berikut promosi-promosi dan diskon-diskon yang ditawarkan oleh restoran bersangkutan. Jika restoran hendak menawarkan promosi, misalnya promosi untuk jenis makanan tertentu, berlaku untuk jam-jam tertentu, dan hanya di hari-hari tertentu, informasi tersebut dapat dimasukkan ke dalam sistem. Dengan demikian, kasir dapat dengan mudah melayani banyak meja sekaligus di saat restoran sedang sibuk. Jumlah dan jenis pembayaran yang diterima dari tamu kemudian dicatat ke dalam sistem.

Tabel Perbandingan


Manual
Sistem
Tamu Datang
Penerima tamu mencermati situasi restoran, atau bertanya kepada pelayan restoran Melihat di layar monitor
Order Makanan
Catat di kertas pesanan Input melalui SmartPhone Android atau Software POS Terminal Touch Screen
Dapur
Pelayan menyerahkan kertas pesanan ke dapur, atau pesanan diteriakkan ke dapur. Pesanan langsung dicetak di dapur. Makanan dicetak di dapur makanan, dan minuman dicetak di bar.
Cetak Tagihan
Kasir mengumpulkan semua kertas pesanan, kemudian menghitung tagihan. Kasir menekan tombol tagih.
Bayar Tagihan
Kasir menerima pembayaran dan mencatatkan jumlahnya di kertas. Catat jumlah dan jenis pembayaran.

 

 

Dari tabel perbandingan, di atas, kita dapat melihat bahwa dengan menggunakan software restoran, operasional restoran dapat berjalan dengan lebih efektif, aman, cepat, dan akurat.

Keuntungan yang dapat di peroleh

Sistem Monitor Restoran

Melalui sistem ini, pengguna dapat melihat kondisi restoran secara langsung (realtime), melihat transaksi-transaksi penjualan yang sudah terjadi, jumlah dan jenis pembayaran yang diterima, menu-menu yang terjual. Semua informasi menyangkut operasional restoran dapat dengan mudah diakses melalui sistem.

Pada jam-jam sibuk restoran, kesalahan-kesalahan yang sering terjadi antara lain:

  • makanan yang dipesan oleh pelanggan lupa diolah di dapur
  • makanan yang dimasak tidak sesuai dengan pesanan tamu
  • makanan diantar ke meja yang salah
  • tamu harus menunggu lama untuk mendapatkan tagihan
  • kasir lupa menagih pembayaran setelah menerbitkan tagihan

Kesalahan-kesalahan seperti ini sifatnya lebih berupa kesalahan informasi. Kesalahan dapat dikurangi dengan cara memberikan informasi yang tepat kepada pihak-pihak yang membutuhkannya. Sayangnya informasi-informasi yang dibutuhkan sangat sulit diperoleh jika masih beroperasi secara manual. Dengan menggunakan software restoran, seluruh informasi yang dibutuhkan sudah tercatat di sistem, dan dapat diakses di terminal terdekat.

Dengan keyakinan bahwa penggunaan software restoran akan sangat membantu dalam operasional restoran, Restoran Angke berhasil merombak salah satu cabangnya yang semula mengelola informasi menggunakan kertas menjadi restoran canggih yang menerapkan software restoran untuk semua operasi restoran.

Pengendalian Persediaan Bahan Mentah

Persediaan bahan mentah menjadi perhatian utama bagi para pengelola restoran. Dengan menggunakan software restoran, pengendalian bahan mentah menjadi mudah dan efisien. Sistem dapat mengetahui jumlah bahan mentah yang diperlukan untuk mengolah setiap menu di restoran, dan melakukan pemotongan bahan mentah secara otomatis berdasarkan menu-menu yang sudah diolah di dapur.

Untuk setiap jenis bahan, manajemen restoran dapat menentukan jumlah minimum dan maksimum yang harus tersedia di gudang/dapur. Informasi ini kemudian dapat digunakan oleh bagian pembelian untuk menentukan bahan-bahan mentah yang harus dibeli. Pihak restoran dapat melakukan stok opname secara berkala untuk mengetahui jumlah aktual persediaan bahan mentah di gudang. Dengan stok opname, manajemen restoran dapat mengetahui apakah penggunaan bahan mentah sesuai dengan yang diperkirakan. Setiap saat, pengelola restoran dapat melihat jumlah persediaan bahan mentah di gudang, jumlah bahan mentah yang terpakai, dan selisih antara persediaan fisik di gudang dengan pencatatan di sistem.

Pengendalian Biaya Bahan Mentah

Salah satu masalah yang sering dihadapi oleh manajemen restoran adalah tidak adanya informasi akurat mengenai biaya yang mereka keluarkan untuk setiap menu makanan yang diolah. Umumnya biaya diketahui hanya berdasarkan perkiraan, tetapi perkiraan ini juga sering kurang tepat karena harga bahan makanan yang berfluktuasi.

Dengan menggunakan software restoran, biaya setiap menu yang diolah dapat diketahui secara pasti berdasarkan biaya bahan mentah yang digunakan. Informasi ini akan berguna bagi manajemen restoran untuk menentukan harga yang sesuai untuk setiap menu.

Pengontrolan Keuangan dan Akuntansi

Kendala dalam restoran yang paling jarang terkontrol adalah keuangan akuntansi, yang mana di restoran telah sibuk berfokus pada operasional dan stok bahan, suatu kelebihan di dalam software restoran dapat mencakup laporan keuangan, Hutang, Piutang, Kas,Bank, Laba Rugi, Neraca, Jurnal Umum, Hingga Buku Besar.

Akses Jarak Jauh

Software restoran yang bagus mendukung remote access (akses jarak jauh), artinya sistem dapat diakses dari luar restoran. Pemilik dan manajer restoran dapat mengakses ke sistem restoran dari kantor/rumah. Dengan demikian, mereka dapat memperoleh laporan secara langsung, bahkan melakukan perubahan terhadap menu, harga menu, atau promosi di restoran.

Sistem Keamanan Informasi/Data

Sistem keamanan menjadi perhatian utama pihak pengembang software restoran. Setiap pengguna sistem harus mempunyai kode dan password tersendiri. Melalui kode ini, sistem dapat menentukan hak akses untuk setiap pengguna, seperti transaksi yang boleh dilakukan, modul yang boleh diakses, dan laporan yang boleh dicetak.

Kode ini juga dapat digunakan untuk melacak transaksi-transaksi yang sudah dilakukan, jadi sistem dapat mengetahui pengguna yang melakukan pemesanan menu, pembatalan menu, cetak tagihan, terima pembayaran, dan lainnya.

Laporan dan Analisis

Software restoran yang baik harus mampu menyediakan laporan-laporan lengkap yang dapat digunakan untuk pengendalian dan analisa restoran oleh pihak manajemen. Melalui sistem, manajemen restoran dapat melakukan beberapa analisa, misalnya:

  • Mengetahui menu-menu yang diminati dan tidak diminati oleh pelanggannya,
  • Mengetahui jumlah transaksi yang terjadi setiap hari, setiap jam, dan setiap departemen, beserta dengan jenis pembayarannya.
  • Mengetahui pemakaian bahan mentah untuk setiap menu dalam tenggang waktu tertentu.
  • Mengetahui laba yang diperoleh dari penjualan setiap menu.
  • Hingga Laporan Akuntansi

Dan masih banyak lagi laporan dan analisa yang dapat dilakukan, tergantung kebutuhan dari manajemen restoran.

Penutup

Setiap restoran sekiranya membutuhkan software manajemen restoran yang terintegrasi, handal, aman, akurat, dan mudah digunakan.

Software restoran yang tersedia di pasaran sekarang cukup banyak, tetapi pihak restoran harus hati-hati dalam memilih. Sebelum membuat keputusan, sebaiknya dipastikan terlebih dahulu fitur dan modul yang ditawarkan oleh sistem, pelatihan dan dukungan yang diberikan oleh pihak penyedia software, jenis perangkat keras yang digunakan, dan jumlah biaya yang harus diinvestasikan.

./adm

Alat Kasir POS System Restoran

4 Oct

program-kasir-restoran Produk Unggulan Alat kasir BeePResto khusus restoran, yang mana sering di gunakan dalam transaksi penjualan restoran. Keunggulan yang user friendly, mudah di gunakan dan di operasikan, hardware dan software restoran yang tepat guna, tampilan menarik, hingga kemudahan dalam laporan operasional penjualan kasir.

Spesifikasi

Hardware :

1 Unit POS Terminal Touch Screen (all in one)

  • Intel Atom D525 Processor 1.8GHz
  • DDR3 RAM
  • 15.6-Inch Screen, Intel GMA 3150

1 Unit Mini Printer Dot Metrik USB Auto Cuter (Kasir)

Software :

POS & Simple BackOffice Resto : 1 Licensi
Number Of Meja : Unlimited table
Free Training : 3 Jam

 

Info product :
Azis Purba
Phone : 0856 4100 2958
PIN BB: 3143e798
Email : azis@bits-soft.com

Setia Resto Bali

25 Sep

Setia RAzBee-Resto-Setia-Resto- Baliesto salah satu resto yang memiliki 5 Suite mewah gaya Villas mencerminkan arsitektur tradisional Bali, keanggunan dengan atap rumput alang-alang dan genteng liat, marmer Jawa dan ubin tradisional, kayu kelapa dan perabotan kayu jati yang sesuai dengan  iklim, dibangun dalam kesempurnaan dengan harmoni alam, alami baik secara fisik dan estetika gaya kontemporer.

Pemandangan sawah bertingkat hijau dan subur, ini adalah sebuah lukisan hidup yang bisa dinikmati selagi anda bersantai dan melepaskan diri dari kebisingan dunia luar dan rutinitas kerja. Layanan mewah Setia Resto dengan kolam renang, meeting room, Setia Resto yang menyajikan masakan kelas dunia dengan cita rasa Bali.

Kesempurnaan dengan keharmonian setia resto, setia resto tidak mau pusing dan bingung dalam mengurus system operasional dan keuangannya, Setia Resto telah mempercayakan system restoran nya menggunakan BeePRESTO, salah satu software lokal No.2 di Indonesia yang mampu menjawab segala kebutuhan resto yang meliputi :

> System Dine In
> System Take Away
> System Delivery Order
> System Take Oder By Android
> System Reservasi with include menu
> Promo *buy get
> Multi Payment, Cash, Credit, Debit, Voucher, dll
> Disc Member
> Inventory
> Produksi
> Laba Rugi
> Neraca
> Hingga Akuntansi, Buku Besar

Dengan adanya software BeePRESTO, segala urusan operasional, stock, hingga laporan keuangan, jadi lancar dan semua terkendali.

./adm

Istilah & Sejarah Rumah Makan

23 Sep

istilah-sejarah-restoran

Rumah makan adalah istilah umum untuk menyebut usaha gastronomi yang menyajikan hidangan kepada masyarakat dan menyediakan tempat untuk menikmati hidangan tersebut serta menetapkan tarif tertentu untuk makanan dan pelayanannya. Meski pada umumnya rumah makan menyajikan makanan di tempat, tetapi ada juga beberapa yang menyediakan layanan take-out dining dan delivery service sebagai salah satu bentuk pelayanan kepada konsumennya. Rumah makan biasanya memiliki spesialisasi dalam jenis makanan yang dihidangkannya. Sebagai contoh yaitu rumah makan chinese food, rumah makan Padang, rumah makan cepat saji (fast food restaurant) dan sebagainya.

Di Indonesia, rumah makan juga biasa disebut dengan istilah restoran. Restoran merupakan kata resapan yang berasal dari bahasa Perancis yang diadaptasi oleh bahasa inggris; “restaurant” yang berasal dari kata “restaurer” yang berarti “memulihkan”.

Sejarah Rumah Makan

Keberadaan Rumah Makan mulai dikenal sejak abad ke-9 di daerah Timur Tengah sebelum muncul di Cina. Dalam dunia Islam di abad pertengahan, terdapat ” rumah makan dimana seorang dapat membeli seluruh jenis makanan yang disediakan”. Rumah makan seperti ini disebutkan oleh Al-Muqaddasih seorang ahli geografi kelahiran tahun 945 masehi yang tinggal di timur tengah pada akhir abad ke 10.

Apa Fungsi Tablet POS System Untuk Usaha Kecil Menengah??

27 Aug

Platform pembayaran mobile yang mengubah tablet menjadi perangkat pemrosesan transaksi penjualan kasir yang kini menjadi semakin populer dengan usaha kecil, menengah. Tapi ponsel POS berkembang melampaui menjadi cara mudah untuk melakukan transaksi dimana pun dan kapan pun, Generasi berikutnya dari sistem POS tidak hanya akan mengubah tablet menjadi kasir, kami akan menawarkan alat manajemen bisnis yang lengkap termasuk layanan Laporan penjualan/sales, order stock, hutang – piutang, hingga laporan akuntansi.

Jadi apa keuntungan dari sistem Bee POS berbasis tablet untuk pemilik usaha kecil?? dan faktor-faktor apa yang harus Anda pertimbangkan ketika anda membeli? Berikut adalah beberapa manfaat dan poin untuk dipertimbangkan sebelum anda membeli BeePOS Tablet

Cost Savings
Anda dapat menghemat biaya dalam melakukan pengeluaran untuk sebuah alat POS, dengan hanya membeli sebuah tablet dan licensi software anda sudah bisa melakukan transaksi penjualan kasir dengan sistem yang modern. Tidak perlu memakan tempat yang banyak hanya untuk menaruh alat POS penjualan kasir

Mobile_pos_tablet Mobile_pos_menu

Easy Integration of Sales and Marketing Tools
Dalam era informasi ini di mana-mana, banyak dari kita telah datang dan di harapkan instan, kapan saja, di mana saja akses ke data yang paling penting bagi kita. Cloud-enabled sistem POS tablet membuat ini menjadi kenyataan dengan akses ujung jari untuk penjualan dan data persediaan – kapanpun Anda membutuhkannya. Beberapa juga menawarkan integrasi maju dengan program loyalitas, alat akuntansi, serta kupon dan hadiah pilihan generasi kartu. Anda bahkan dapat memanfaatkan fitur penjangkauan pemasaran, seperti auto-generated terima email Anda untuk pelanggan baru dan “poke” email yang mendorong pelanggan aktif untuk mampir. Peralatan lainnya membiarkan Anda melacak volume penjualan oleh karyawan dan mengelola persediaan dan restoran tempat duduk. Selain itu juga menawarkan integrasi dengan platform card reader mobile seperti Square dan Intuit GoPayment.

mobile_pos_setting Mobile_pos_tablet penjualan_pos

 

 

./adm

Pemotongan dan Pembayaran pajak PPH23 (pasal 23) untuk jasa

31 Jul

PPH 23 adalah pajak atas jasa yang sifatnya “final”
dan biasanya di pungut (dipotong tagihan) oleh pembeli
(kalau pembeli adalah wajib pungut seperti bumn, dll)
besarnya biasanya 2% dari jasa (tergantung tabel norma)

CONTOH KASUS:
kita menjual jasa sbb:

Jasa INSTALASI dan SETTING SERVER = 1jt
ppn = 100rb

Invoice kepada customer: 1jt + 100rb = 1,1jt
PPH 23 = 2% x 1jt = 20rb

customer membayar kita = 1,1jt di kurangi 20rb = 1,080rb

Persiapan

  • buat akun pph23 : “Potongan PPH23” tipenya Pendapatan-luar-usaha
    nanti akun ini akan muncul di L/R mengurangi Penjualan anda
  • buat akun “Hutang PPH23” tipenya Hutang Pajak

Ada dua skenario:
1. PPH 23 di pungut customer

saat penjualan:

Input via Penjualan

Debet Kredit
Piutang Usaha 1.100.000
Penjualan 1.000.000
PPN (Hutang pajak PPN) 100.000

Input PPH23 via FCN (nota potong penjualan)
saat input anda ganti akun FCN ke akun pph23

Debet Kredit
Potongan PPH23 20.000
Piutang Usaha 20.000

saat lapor pajak :

  • tidak perlu bayar lagi karena sudah di potong customer
  • bukti potong dari customer tinggal di lampirkan saja utk laporan pajak

2. PPH 23 kita bayar sendiri

saat penjualan:

Input Penjualan
Debet Kredit
Piutang Usaha 1.100.000
Penjualan 1.000.000
PPN (Hutang pajak PPN) 100.000

Input  pph23 via JURNAL UMUM

Debet Kredit
Potongan PPH23 20.000
Hutang PPH23 20.000

Saat bayar dan lapor pajak :

Input pembayaran spt biasa, pilih akun Hutang PPH23

Debet Kredit
Hutang PPH23 20.000
Kas/Bank 20.000

Software Restoran Lokal Terbaik No. 2 Di Indonesia

30 Jul

Software Lokal Terbaik No. 2 Di Indonesia Untuk Restoran Anda

BeePResto integrade by BeeAccounting adalah sistem manajemen restoran satu – satunya yang terintegrasi dengan Sistem Akuntansi, yang dapat digunakan di semua jenis restoran. Sistem ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan setiap restoran, untuk menyediakan layanan yang lebih baik kepada para pelanggan dan kendali yang lebih handal

kepada para pengelola restoran. Sistem ini dilengkapi fitur mengatur meja, lantai, dapur, menu, resep, potongan, promosi, jenis pembayaran, jasa antar, dan banyak fitur penting lainnya.

  1. Keuntungan – keuntungan menggunakan BeePResto :

Easy to implement

Dengan arsitektur yang fleksibel, modul-modul

yang lengkap, didukung dengan tenaga ahli

berpengalaman, BeePResto dapat dengan

mudah diimplementasikan di berbagai jenis

restoran. Sistem sudah siap dijalankan dalam hitungan hari.

gbr_3     gbr_2

gbr_1    gbr_4

Simple User Interface

BeePResto dirancang sedemikian rupa sehingga memudahkan pengguna untuk menjalankan aplikasi dengan waktu pembelajaran yang sangat singkat. Secara intuitif, pengguna awal dapat menjalankan aplikasi dengan beberapa klik mouse. Untuk pengguna yang sudah berpengalaman, semua transaksi dapat dilakukan hanya dengan menggunakan keyboard.

Tablet On Support

Untuk mempermudah operasional restoran,Bee PResto mendukung penggunaan Tablet untuk melakukan transaksi pemesanan makanan.

Screenshot_2013-07-10-10-17-45

Touch Screen Interface

BeePResto sudah mendukung penggunaan layar touchscreen, atau bagi Anda yang ingin sepenuhnya menggunakan mouse. Semua operasi pesan menu, cetak tagihan, bayar tagihan, dan lain-lain bisa dilakukan dengan sentuhan ke layar.

gbr_3

Flexible Table Management

Jumlah meja dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing restoran, sangat mendukung untuk fine dining, fast food dan delivery. Kondisi setiap meja selalu dapat dilihat secara real time melalui layar POS. Manajer restoran bisa mengamati meja yang kosong, meja yang sedang terisi, sampai dengan status masakan setiap meja.

gbr_1

Multiple Order Entry Point

Tidak peduli berapa banyak station yang terpasang, pemesanan makanan di masing-masing meja dapat dilakukan secara bersamaan di semua station secara real time. Dengan demikian, Anda dapat

menempatkan beberapa station di tempat-tempat strategis untuk mempercepat proses pencatatan pesanan pelanggan.

gbr_3  gbr_3

Delivery Service

Untuk restoran yang menyediakan layanan pesan antar, Bee PResto sudah dilengkapi dengan fitur

Delivery. Anda dapat dengan mudah mencatat nomor telepon dan alamat pelanggan. Untuk pelanggan-pelanggan yang sudah tercatat, bisa dicari berdasarkan nama atau nomor telepon,

lengkap dengan pesanan favorit mereka. Semua ini memudahkan Anda dalam transaksi pesan antar.

Dan masih banyak Menu yang dapat di integrasikan semua jenis restoran, hingga sistem akuntansinya.

takeway    takeway_2

 

Info Call:

0856 4100 29 58 Azis Purba On WhatsApp
0856 4808 808 9 Wulan Wu On WhatsApp
YM : azispurba / beeacc10
PIN BB : 3143E798